Selamat Datang
facebooktrik

Terima Kasih telah berkunjung ke situs ini, semoga terhibur :D Bantu klik tombol "Like Button" ya supaya teman yang lain tahu Facebooktrik. Matur nuwun Terima Kasih

17 Juni 2010

Seperti Apa Pengalaman 3D di Nintendo 3DS?

Konsol game genggam Nintendo 3DS menampilkan gambar tiga dimensi tanpa kacamata khusus. Lalu, bagaimana caranya gamer bisa menikmati game, film dan foto 3D di perangkat tersebut?

Jika menyaksikan film tiga dimensi di bioskop, misalnya Avatar-nya James Cameron beberapa waktu lalu, pengguna harus mengenakan kacamata khusus. Meski pemandangannya cukup menarik, keberadaan kacamata agak mengurangi kesan 'nyata' dari pengalaman tersebut.

Lewat konsol genggam Nintendo 3DS, yang telah diumumkan secara resmi dalam Electronic Entertainment Expo (E3) di Los Angeles, Nintendo berupaya memberikan pengalaman yang berbeda. Pengguna konsol game itu tak perlu lagi menggunakan kacamata untuk menikmati ilusi 3D di layar.

Seperti dikutip dari CVG, Rabu (16/6/2010), Nintendo 3DS memiliki layar 3.5" yang cukup lega untuk ukuran sebuah perangkat di dalam genggaman. Nah, layar itulah yang akan membuai mata pemain dengan gambar 3D.

Trik menikmati ilusi 3D di Nintendo 3DS ada pada sebuah tuas geser yang terletak di sisi kanan (bisa diakses oleh tangan kanan pemain) konsol itu. Tuas ini perlu digeser-geser untuk menyesuaikan gambar yang ada di layar hingga mencapai titik yang pas.

CVG mencontohkan, pihaknya butuh waktu beberapa saat untuk menggeser-geser tuas itu saat memainkan game Metal Gear yang kebetulan bertempat di area hutan.

Hal serupa juga dilakukan saat memotret dengan kamera 3D pada Nintendo 3DS. Benda yang dipotret awalnya akan muncul dalam bentuk buram di atas layar, pengguna kemudian perlu menyesuaikan gambar dengan kontroler analog agar muncul citra 3D yang diinginkan.

Agak berbeda dengan 3D di bioskop, tampilan 3D di Nintendo 3DS tak akan 'melompat' dari layar. Ilusi yang tampil lebih merupakan 'kedalaman' pandangan daripada benda-benda yang berlompatan keluar dari layar.

Satu hal yang berpotensi mengurangi pengalaman 3D di Nintendo 3DS adalah dampak sudut pandang. Jika dimiringkan secara ekstrim gambar yang tampil akan terlihat berantakan dari sudut pandang pengguna, namun CVG menilai jika hanya gerakan 'normal' --misalnya, saat naik kereta api-- efek 3D tak akan terlalu terganggu.

Sekali lagi, keunggulan utama dari Nintendo 3DS adalah tidak perlunya perangkat tambahan seperti kacamata untuk menikmati 3D yang ada di layar. Sensasi ini agaknya tak akan cepat pudar.

sumber : www.detikinet.com


Share

FeedGratis berlangganan artikel via RSS FEED

Anda juga bisa berlangganan artikel via email dengan cara masukkan email anda pada form dibawah lalu 'Subscribe'



0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan meninggalkan komentar tentang artikel ini melalui kolom dibawah. Jika identitas anda tidak ingin dipublikasikan silahkan menulis komentar sebagai Anonim. Terima kasih...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Cheap Web Hosting