Selamat Datang
facebooktrik

Terima Kasih telah berkunjung ke situs ini, semoga terhibur :D Bantu klik tombol "Like Button" ya supaya teman yang lain tahu Facebooktrik. Matur nuwun Terima Kasih

20 Juni 2010

Ketika Tidak Ada Pekerjaan di Kantor

  
Apakah Anda sudah tidak memiliki daftar tugas yang bisa dikerjakan di kantor? Selamat! Anda mungkin tergolong sangat beruntung karena mendapatkan bayaran untuk tidak melakukan apa-apa! Sementara hampir seluruh orang di dunia bekerja dengan sangat keras untuk mendapatkan bayaran yang sepadan.
Jika Anda mempunyai banyak waktu luang dan tidak mengerjakan apa-apa di tempat kerja, mungkin Anda harus berpikir keras untuk membunuh waktu luang Anda. Selain itu dengan tidak melakukan apa-apa di kantor akan menimbulkan kesan yang kurang baik di mata atasan kita. Karenanya perlu beberapa trik yang harus dilakukan untuk mengatasi waktu luang yang berlebih. Simak beberapa tips berikut untuk mengetahui apa yang perlu dilakukan ketika memiliki banyak waktu luang di tempat kerja.

1. Minta Pekerjaan kepada Atasan
Kelihatannya memang sedikit aneh jika kita meminta pekerjaan kepada atasan kita. Beberapa orang diantara kita bahkan sangat menyukai keadaan dimana mereka tidak memiliki pekerjaan. Namun tahukah Anda bahwa terkadang seorang atasan menghukum bawahannya dengan jalan tidak memberikan pekerjaan sama sekali kepada bawahannya. Dengan meminta pekerjaan kepada atasan akan memberikan kesan bahwa Anda sangat termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan. Hal ini akan menambah nilai positif Anda di mata atasan. Memang terkadang permintaan Anda tidak akan didengarkan oleh atasan, namun apa salahnya mencoba.

2. Berpura-pura Kerja
Tidak melakukan apa-apa di tempat kerja akan memberikan kesan negatif di mata rekan kerja, atasan, bahkan mungkin bawahan. Untuk menghindari kesan ini Anda bisa berpura-pura bekerja seolah-olah Anda sedang sibuk dan stres. Jika ada yang mencoba menghentikan Anda dari “kesibukan” untuk menanyakan sesuatu, membalaslah dengan cepat dan dengan nada kesal, sehingga tak seorang pun tahu apa yang Anda katakan, membuat mereka beranggapan bahwa Anda terlalu sibuk untuk berbicara. Tentu saja, trik ini tidak akan memberikan kepuasan yang Anda peroleh setelah bekerja. Namun melakukan hal ini akan menjaga reputasi Anda tetap positif di mata orang lain.

3. Surfing Internet
Internet adalah alat terbaik untuk mengisi waktu luang. Dengan surfing di internet Anda akan mendapatkan berbagai macam informasi yang akan sangat berguna untuk menambah wawasan Anda. Tidak hanya itu, Anda juga dapat berbagi pengetahuan yang Anda miliki melalui forum atau membuat blog Anda sendiri.

4. Berbagi Beban Kerja
Salah satu langkah yang bisa ditawarkan adalah berbagi beban kerja dengan rekan di kantor. Setidaknya ada dua keuntungan yang bisa diambil dari berbagi beban kerja yaitu Anda akan mendapatkan wawasan baru tentang pekerjaan lainnya dan nilai positif yang Anda dapatkan di mata kolega atau atasan. Namun, berhati-hatilah untuk tidak terlalu sering melakukannya karena akan membuat ketergantungan orang yang kita bantu. Ingat, Anda membantu mereka hanya karena sama sekali tidak memiliki pekerjaan. Dan satu hal lagi jangan pernah melakukan hal ini dengan maksud untuk mendapatkan bantuan serupa di lain waktu.

5. Kerja Part Time atau Freelancer
Alternatif ini bisa Anda ambil hanya jika Anda dapat membagi waktu dengan baik. Jika tidak memiliki pekerjaan sama sekali mungkin alternatif ini merupakan yang terbaik karena selain menambah wawasan mengenai pekerjaan lainnya, Anda juga akan mendapatkan penghasilan sampingan yang lumayan. Ada banyak sekali pekerjaan freelance yang menawarkan pekerjaan dengan bayaran yang lumayan. Beberapa diantaranya yang berhubungan dengan internet adalah microworkers.com. Namun, jangan melakukan kesalahan dengan mengakses situs penyedia pekerjaan freelance dari tempat kerja Anda. Lakukan dengan menggunakan notebook pribadi Anda, atau tempat lainnya yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan saat ini.

6. Pulang ke Rumah
Pilihan terakhir yang bisa Anda lakukan adalah pulang ke rumah. Dengan pulang ke rumah Anda mungkin akan dapat menjalankan kewajiban lainnya yang lebih penting atau dapat beristirahat untuk mendapatkan pikiran yang lebih fresh ketika mengerjakan pekerjaan di lain waktu. Hanya saja sebagian kantor menghimbau karyawannya untuk tetap di tempat walaupun tidak memiliki pekerjaan. Diskusikan hal ini terlebih dahulu dengan atasan Anda. jangan sampai pilihan ini membuat Anda memiliki kesan negatif di kemudian hari.

Jika Anda tidak memiliki pekerjaan di tempat kerja, Anda bisa memikirkan berbagai cara di mana Anda dapat memanfaatkan waktu ini untuk mengasah keterampilan profesional Anda. Saya yakin Anda akan memiliki beberapa ide. Namun, jika ide tersebut tidak berjalan sebagaimana mestinya, maka nikmati waktu luang tersebut dengan duduk dan bersantai, karena Anda mungkin tidak pernah mendapatkan waktu luang seperti itu lagi dalam hidup Anda!


source: http://inforingan.com/2010/05/tips-ketika-tidak-ada-pekerjaan-di-kantor/


Share

FeedGratis berlangganan artikel via RSS FEED

Anda juga bisa berlangganan artikel via email dengan cara masukkan email anda pada form dibawah lalu 'Subscribe'



0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan meninggalkan komentar tentang artikel ini melalui kolom dibawah. Jika identitas anda tidak ingin dipublikasikan silahkan menulis komentar sebagai Anonim. Terima kasih...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Cheap Web Hosting